Negri Laskar Pelangi Belitung!

   
Add caption
 Tepatnya tanggal 3 Maret 2018 saya berhasil menginjakan kaki di tanah sumatera tepatnya BANGKA-BELITUNG!. Ini terjadi karena perjalanan random saya beli tiket MURAH di Sriwijaya travel fair akhir tahun 2017! Bisa dibaca disini : Pejuang Tiket Promo Murah!
Perjalanan kesini saya nggak sendiri, saya ditemani sahabat saya Irvan.
     Pulau Belitung adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih. pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.
Penduduk Pulau Belitung terutama adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.
     Jadi kalian jangan heran jika berkunjung kesini masyarakatnya banyak yang sipit-sipit karena latar belakang sejarah pulau ini juga berasal di negri China karena jalur perdagangan rempah-rempah pada zamannya. Ketika saya mendarat di bandara H.A.S. Hanandjoeddin saya kaget karena bandaranya kecil, mungkin karena pulau Belitung ini bukan kota besar ya, ketika saya naik taxi dari bandara ke penginapan supir taxi saya banyak menjelaskan tentang pulau belitung, yang katanya orang belitung lebih sering sakit leher makannya mereka kalo nengok badannya ikut muter hahaha. Yang bikin saya kaget lagi mereka tertib berkendara, karena selama saya di Belitung saya sewa motor. Pulau Belitung kini menjadi terkenal karena film fenomenal inspiratif yang ditayangkan pada tahun 2008 yang diangkat dari cerita novel karya Andrea Hirata berjudul LASKAR PELANGI menjadikannya film terbanyak ditonton di Indonesia! dan bukunya sampai diterjemahkan kedalam beberapa bahasa di Dunia saking fenomenalnya!
Semua terbitan novel Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa didunia
     Banyak tempat wisata di Belitung yang bisa kalian kunjungi, seperti yang saya kunjungi yaitu : Danau Kaolin yang dulunya adalah bekas tambang timah dan membentuk sebuah kawah dengan air yang biru muda dan pasir putih sisa-sisa bekas penambangan yang sangat indah!,SD Muhammadiyah Gantong atau bisa disebut SD Laskar Pelangi, Disini adalah tempat syuting film Laskar pelangi yang sangat fenomenal ditahun 2008 itu, lalu Pantai Tanjung Tinggi, pantai indah dengan gugusan batu-batu granit raksasa menjulang kelangit bak gedung pencakar langit ditambah pasir pantainya putih halus seperti merica membuat suasana pantai tanjung tinggi begitu memikat mata dengan keindahannya, lalu ada pantai Tanjung Kelayang jika kalian ingin mengunjungi gugusan pulau-pulau disebrangnya seperti pulau Kelayang, pulau burung,pantai batu berlayar,dan pulau Lengkuas yang cantiknya kebangetan!. nanti saya post terpisah tentang tempat-tempat tersebut. Dijamin setelah baca blog ini bikin kalian pengen cepet-cepet liburan dan pergi ke Belitung deh!
      Dan lagi ada tempat-tempat lainnya seperti dermaga kirana (tepatnya berada disebrang SD Muhammadiyah Gantong),Bukit Berahu restaurant dengan view pantai yang menawan,pantai tanjung pendam yang berada di pusat kota, juga kalian bisa mengunjungi tempat kuliner legendaris di Belitung yang wajib kalian mampir jika berkunjung ke Belitung yaitu Kopi Kong Djie & Mie Atep yang ke-Authentic an rasanya masih tetap terjaga!
Semuanya bakalan saya post so ditunggu ya cerita trip Belitung selanjutnya!

Traveling,Dreaming,Coffee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Untold Story Of Japan

Desa Sade Suku Sasak Lombok tradisi suka nyulik perempuan!

Sweet Peach House penginapan anti mainstream nan imut