Pertemanan Lintas Negara (IN JAPAN)

Pertemanan Lintas Negara


Perjalanan kerap dianggap sebagai proses untuk menemukan diri sendiri. Lewat perjalanan seseorang tidak hanya menambah pengetahuannya mengenai tempat-tempat baru, melainkan juga membuka diri pada dunia, mengenal orang asing, belajar budaya & bahasa asing yang belum ter-explor selama ini. Memang tidak semua orang sepakat dengan pendapat ini. 

Tapi bagi saya, traveling merupakan hal yang tidak pernah saya sesali seumur hidup. Disaat orang sepantaran saya sibuk kuliah, mencari pekerjaan, hangout & bersosialisasi dengan teman-teman sebaya, atau pergi nge-mall & nongkrong di cafe hits. Saya sudah pergi ke banyak tempat di Indonesia bahkan saya berhasil mewujudkan impian saya sedari SMP untuk pergi ke Jepang & semua pencapaian tersebut saya lakukan diumur yang ke 21! Tuhan sangat baik pada saya, saya pun berfikir bahwa saya gak akan mungkin bisa ke Jepang, “Mungkin” bisa Cuma mustahil saya lakukan di usia saya yang masih dibilang mau beranjak dewasa. Semua saya lakukan sendirian! Mulai dari menabung & bekerja (tidak ada sepeserpun uang orang tua saya untuk saya pergi traveling) mengurus paspor &  visa bahkan pergi ke jepangpun saya sendirian! 

Saya makin percaya diri, bahwa saya bisa mewujudkan hal yang lebih besar lagi daripada pencapaian saya yang sekarang. Ngomong-ngomong ini kan judulnya “Pertemanan Lintas Negara” ya, di postingan kali ini saya mau nulis tentang seseorang yang sebetulnya belum lama saya kenal, tetapi rasanya kita sudah seperti menjadi saudara dekat, saya dari SMP punya 3 wishlist buat diwujudkan yaitu : 1. Pergi ke Jepang 2. Belajar bahasa Jepang 3. Punya sahabat orang Jepang, dan semuanya sudah terwujud sekarang! Saya pun masih nggak menyangka, hal nyeleneh yang dari dulu saya pikirkan ternyata beneran terwujud!. 

Saya mau memperkenalkan satu sahabat saya, sahabat yang mungkin sudah merasa seperti keluarga sendiri, walaupun kita berbeda Kewarganegaraan,Ras,Warna kulit,dan bahasa, tidak menjadi penghalang bagi kita untuk saling bertemu. 
 
Namanya adalah Soichiro Nishikawa, saya memanggilnya Soichiro, cowok Jepang yang tinggal di Osaka, usia kami terpaut 2 tahun tentu Soichiro lebih tua dari saya. Dulu saya berpikir bahwa orang jepang itu susah untuk diajak bersosialisasi, anti sosial, sangat tertutup dan sangat menjaga privasi. Tetapi setelah saya bertemu Soichiro, pandangan saya tentang orang Jepang langsung sirna. Soichiro mengubah mindset saya tentang hal negatif tentang negaranya termasuk orang-orangnyanya. Saya memang tergila-gila dengan negara Jepang karena saya suka nonton kartun seperti doraemon, crayon sinchan, chibi maruko chan, waktu saya kecil dan saya kecanduan baca komik waktu SMP dan berlanjut kecanduan nonton Anime saat SMA, tapi karena banyak artikel & berita simpang siur yang saya dengar tentang negara Jepang membuat saya makin penasaran, sebagus-bagusnya suatu negara, tetap ada jeleknya juga ya. Cuma saya hanya mengambil sisi positifnya saja, dan menghiraukan hal-hal negatif tentang itu. Soichiro orangnya sangat supel, open minded, baik hati, dan bahasa inggrisnya juga sangat bagus! Saya kaget ternyata dia lumayan lancar bahasa inggris! Yang saya baca di artikel hampir 80% orang jepang itu GAK BISA BAHASA INGGRIS LHO! Ini jugasih yang membuat saya khawatir waktu mau pergi ke Jepang bulan Juli lalu, karena saat itu saya baru mulai kursus bahasa Jepang dan Cuma tau sedikit kosa kata bahasa jepang aja!. 
 
Kita bertemu di Aplikasi “Couchsurfing” kalo penasaran itu aplikasi apa silahkan di cek sendiri di Google ya friends! Kalo saya jelasin makin panjang aja ini hahaha btw jangan mikir macem-macem ya! Ini bukan aplikasi Blind Date! Kaya aplikasi nyari jodoh yang swipe kanan & kiri kalo match bisa chatingan BUKAN! Yang pasti ini aplikasi yang wajib banget dicoba kalo kalian solo traveling & mau cari temen bule!. 
 
Saya janjian buat “Nginep” dirumahnya dia waktu saya mau ke Jepang dengan tanggal & waktu yang sudah disepakati bersama. Kan lumayan ya bisa cut pengeluaran buat akomodasi, btw akomodasi di jepang itu mahal gilak! Tapi sayangnya saya sampai di jepang itu hari minggu, dan di hari itu Soichiro ada keperluan & gak bisa nge-Host  saya pada hari itu, akhirnya begitu sampai di Jepang saya tidur di Hostel dekat Dotonbori Osaka. Keesokan harinya saya full day jalan-jalan keliling Osaka, bersama Classmate  saya waktu masih SMA namanya Amelia! Dia seorang Flight Attendant airlines ternama Indonesia yang kebetulan lagi On Duty & mendarat di Bandara Kansai International Airport Osaka. Pertemuan ini juga gak disangka! Bayangin deh kalian ketemu temen sekelas di Negara orang tanpa sengaja itu suatu kebanggaan tersendiri hahaha, tapi kita harus pisah saat sore hari di stasiun karena saya masih harus menyelesaikan to do list itinerary saya & amel harus berangkat kembali ke Indonesia keesokan harinya. Setelah saya selesai city cruise mengarungi canal di Osaka, saya langsung bergegas menemui Soichiro yang sudah menunggu di Cafe yang berada di Stasiun Namba. Tetapi perjalanan tidak semulus itu, ditengah perjalanan kesana ternyata hujan cukup deras yang mengharuskan saya berhenti & membeli payung di minimarket terdekat, setelah saya membeli payung saya langsung bergegas mencari cafe yang Soichiro maksud, drama pun terjadi lagi! Saya nyasar di Stasiun, btw stasiun di Jepang itu langsung terhubung dengan mall & departement store yang ada di sekelilingnya lho! Dan STASIUNNYA GEDE GILA! SAYA SAMPE TELAT 20 MENIT! CUMA GARA-GARA NYASAR & BERUJUNG SAYA MASUK DI MALL YANG SAYA SENDIRI JUGA GAK TAU ITU MALL APAAN! Perasaan saya masuknya lewat stasiun kenapa sekarang ada di dalam mall?! Saya langsung chat Soichiro dan minta maaf atas ngaretnya orang Indonesia ini, bukan karena jalan saya yang lama ataupun nggak On Time! Bahkan saya lari-larian dari ujung ke ujung buat nyari penunjuk arah! Saya udah hampir give up untuk menemukan itu cafe, dan bener aja setelah saya nanya sama Soichiro sampe harus ngirim foto saya lagi ada dimana baru ketemu itu cafe! Dan ternyata saya sudah melewati tempat yang sama selama 3 kali! Hanya saja saya nggak naik ke atas dan malah jalan lurus ke depan! Nyebelin banget!!! Dan cafe ini juga pake huruf Jepang! Jadi saat saya sampai depan cafenya saya harus mencocokan lagi tulisan hiragananya PLAKKK!!! 
  
Screenshoot chat saya waktu nyasar

Dengan muka yang udah kucel karena seharian keliling Osaka, baju yang sedikit kebasahan karena ujan diluar dan nafas ngos-ngosan saya masuk cafe tersebut. Niat hati pengen langsung menemui Soichiro saya malah salfok dengan menu & gambar minuman yang ada di cafe itu! Saya udah haus banget kaya pengen sakaratul maut & melihat gambar & tulisan Mango Smoothie saya langsung antre di meja kasir! (Gomen Ne Soichiro hahaha) dan saat saya ngantri dan mau pesen, saat saya menoleh ke kanan saya melihat cowok berpostur badan tinggi dengan rambut gondrong ala-ala messy hairnya Japanese, mengenakan kaos oblong berwarna abu-abu membawa nampan dan gelas yang sudah kosong. Tapi lucunya adalah ketika kita sama-sama saling ngeliat kita Cuma saling nunjuk nunjukan dan ketawa! Persis kaya kita kalo ketemu temen lama di tempat yang sama gak disengaja! Kita cuma cengengesan dari kejauhan dan saya memberi dia isyarat kalo saya mau pesen dulu hahaha. Setelah saya pesen saya membawa nampan dan segelas mango smoothie yang nyegerin banget buat segera diminum, saya langsung mencari meja dimana Soichiro duduk, saya langsung menghampiri dia dan kita sama-sama menepuk bahu satu-sama lain. First impression ketemu Soichiro adalah saya nggak menyangka dia bakalan senyum se sumringah itu! Padahal saya udah buat dia nunggu 20 menit! Karena drama nyasar & keujanan, karena waktu mau masuk cafe saya malah jadi takut kalo dia bakalan marah sama saya karena saya telat (tau sendiri orang jepang itu sangat tepat waktu & sangat menghargai waktu). Saya langsung bilang “Im so sory, im late, sorry sorry sorry” udah gak tau berapa kata sorry saya lontarkan buat dia saat itu dan dia bilang “ohh no problem bragi, i know this is your first time going to Japan right, its okay if you late because you lost on the way” dengan dia ngomong begitu, rasa penyesalan saya selama nyasar tadi itu perlahan pudar dan kita ngobrol hal-hal ringan tentang kesibukan sehari-hari satu sama lain, ngomongin tentang keluarga masing-masing, tentang negara masing-masing & traveling. Walaupun kita sama-sama nggak Fasih-fasih amat bahasa inggris gitu, kita ngobrol nyambung-nyambung aja, kalo kesulitan kita langsung sama-sama pake google translate! Kocak abis dah! 

Jujur saya malu banget karena saat ngobrol saya lebih sering nyedot mango smoothiesnya dibanding fokus ke topik pembicaraan, dari raut wajahnya Soichiro sih saya tau banget dia mau ngetawain saya karena saya minum dah kek orang kesurupan! AUS BANGET WOY! Tapi dia tahan aja dan nanya “mendingan lo minum dulu deh keknya aus banget ya? Sampe keringetan hahaha” nahkan bener ujung-ujungnya juga menghardik saya, awas lu ya Soichiro.
Ketemu juga Cafe-nya!

Setelah minuman saya habis, saat kita mau cabut dia nanya saya udah makan apa belum, atau mau nggak makan malem sekalian gitu, dan saya langsung iyain karena saya juga udah laper banget. Dan kampretnya lagi dia nanya budget lu buat makan berapa? Nanti biar bisa gw cari tempat makan yang mungkin cocok buat lo. Saya langsung ngomong “Not Over than ¥1500 please” sambil ketawa ngakak, karena aq sobat misqueen. Ngomong-ngomong sebelum itu kita pergi ke Hostel saya dulu untuk ngambil tas-tas saya dan melakukan check-out karena saya kan mau nginep dirumahnya, dari cafe tadi kita jalan kaki ke hostel saya yang jaraknya gak terlalu jauh karena hostel saya ini lokasinya strategis berada di tengah keramaian dotonbori daerah Chuo-Ku, Osaka. Yang bikin kaget adalah ketika dia bilang begini pas kita lagi jalan menyusuri jalan Dotonbori “OMG So crowded! Too many tourist chinese & korean here, Bragi, Actually I rarely come here and pass this road, even I don't remember this road, where am I? ha ha ha” berbicara dengan nada yang serius sambil memperhatikan sekeliling, lah gimana ceritanya ya, kan situ akamsi disini, masa gak pernah/jarang ke Dotonbori sih? Kan Dotonbori merupakan salah satu tempat/spot yang dikunjungi turis di Osaka! Kaya istilahnya saya tinggal & besar di Jakarta tapi gak pernah ke Monas!. Respon saya Cuma “Hah?! Are you sure?!” dia Cuma mengangguk dan memberi respon “i just don’t like crowded place” ahh... okay respon saya kembali, tanpa sadar kita sudah sampai di hostel tempat semalam saya menginap dan Soichiro menunggu di depan lobby receptionist sambil menunggu saya mengambil tas saya dari kamar lalu saya check-out, lagi-lagi wajah kaget Soichiro terlihat jelas melihat saya membawa 3 macam tas yang saya bawa didepan badan, dibelakang dan tas tottebag saya disebelah kiri saya dan dia langsung ngomong “Just really like backpacker hahaha” sambil tertawa, kurang ajar nih orang gak tau apa ya saya bawa semua ini itu beratnya kek nanggung dosa! Dia sempet menawarkan bantuan buat bawain salah satu tas saya, karena saya tau diri dan masih merasa mampu bawa sendiri akhirnya saya tolak tawarannya dan bilang gapapa saya bisa sendiri makasih banyak ya! Dan sambil jalan dia langsung nawarin saya mau makan ramen apa sushi untuk dinner, yaa... Karena saya udah sampe jepang sayang banget kalo saya nggak makan ramen yakan? Akhirnya saya memilih ramen! Dannnn..... Saya baru inget satu hal! RAMEN DI JEPANG BANYAK YANG NON HALLAL! PLAAKKKK!!! Pengen mukul diri sendiri rasanya, karena udah terlanjur gak enak sama Soichiro saya langsung ngomong “Soichiro, sorry before I can't eat pork, because my religion forbids it, or maybe we can find a ramen restaurant that doesn't contain pork?” 
 
Dari raut wajahnya saya bisa menebak dia kaget & bingung juga tapi dia langsung meng-iyakan permintaan saya dan kita mencari restaurant ramen yang pake kuah ayam! Saya juga sedikit gak enak karena ngerepotin tapi ya mau gimana lagi? Akhirnya kita menemukan salah satu restaurant ramen yang salah satu menunya ada ramen non pork, sayapun bernafas lega akhirnya kita masuk ke restaurant ramen tersebut dan memesan. Yang mesen sih Soichiro saya Cuma nunjuk ramen yang saya mau coba dan tiba-tiba dia ngomong “do you want this one?” sambil nunjuk gambar nasi yang diatasnya ada tobiko (telur ikan) dan seaweednya saya Cuma mengangguk, asalkan itu gak ada porknya saya bisa makan. Melihat interaksi Soichiro memesan sama waiters pake bahasa Jepang saya langsung merasa seperti didalam film jepang, ahhh begini suasana yang dari dulu saya mimpikan, makan di restaurant Jepang sama orang jepang & melihat interaksi di ruang publik. Lagi-lagi saya kebingungan saat berada di dalam restaurant, kenapa? Saya gak tau manners orang jepang kalo lagi di restaurant atau lagi makan di restaurant gimana, saya takut kalo yang saya lakukan malah justru bikin malu, di sisi sebelah kanan saya ada gelas & seteko penuh ice tea, saya langsung berinisiatif buat menuangkan teh tersebut untuk Soichiro sambil menunggu makanan kita diantarkan, dia bilang “Arigatou” sambil tersenyum dan suasana kembali mencair kita kembali ngobrol, fyuhhh akhirnya saya melakukan sesuatu yang benar! Dan ngomong-ngomong restaurant di jepang itu unik banget, mereka menyediakan keranjang yang tepat berada dibawah kaki kita, saya awalnya bingung ini keranjang buat apaan, dan Soichiro langsung menyuruh saya menaruh tas-tas saya di keranjang tersebut, oalahhh.... Gitu toh!. Begitupun saat kita masuk restaurantnya, kita langsung disambut dan ditanya untuk berapa orang lalu diberikan tempat duduk kosong dan mereka serempak teriak IRASSHAIMASE! Persis kalo kita makan di restaurant-restaurant Jepang di Indonesia, mungkin memang SOP nya udah begitu kali ya. Tapi yang kurang dari restaurant yang ada di Jepang adalah tempatnya terbatas DAN SEMPIT BANGET COY saya bahkan selama di Jepang mencoba membeli makanan di restaurant di Jepang semuanya hampir sama, seperti contoh ketika saya berada di Tokyo saya setiap hari makan SUKIYA karena harganya lumayan hemat di kantong, bikin kenyang dan hallal! Tapi.... Saking terbatasnya kursi dan meja, ketika kita dateng sendiri dan mau makan di tempat, kita duduk dan makan berhadapan dengan orang lain! Hal begini udah biasa banget di Jepang tapi gak biasa buat saya! Kenapa? Niat hati ingin menikmati Sukiya dengan nikmat saya malah jadi salfok & akward dengan orang yang makan persis di hadapan saya!. 

Gak pake lama, Nasi tobiko saya keluar duluan disusul dengan Ramennya yang muncul dengan BOWL SEGEDE GABAN, Saya sempat terdiam sejenak & speechless meratapi semangkuk besar ramen & nasi tobiko di hadapan saya yang harus saya habiskan sendirian. Saya sempet nanya “Soichiro, are you sure this is portion for one person? Omg this is too big for me, im never eat much like this before hahaha” dia langsung ngetawain saya dan bilang “Ini porsinya orang jepang lho, kamu baru tau orang jepang makannya banyak? Pantesan kamu kurus Hahaha” anjir saya diledekin dong, awas lu yaa. Soichiro memesan ramen yang pake pork dan nasi tobiko juga, saya & Soichiro nggak sengaja ngomong Itadakimasu barengan dan kita langsung plotot plototan karena literally ngomongnya bisa pas barengan dan kembali ngakak “omg Bragi i dont know you know japanese phrase like itadakimasu you do it well sounds like japanese, im shocking hahaha” saya Cuma tertawa, dan Soichiro mengambilkan saya sendok & sumpit Lalu kita makan dengan khusyuk. Gila banget sih ramen Jepang enaknya gak ketulungan woy! Ini juga sih yang buat saya kangen banget sama Jepang, baru setengah saya merasa udah kenyang abis, kenapa? Ya gila juga ini Soichiro mesenin saya Ramen & Nasi sekaligus! Double karbo ini namanya! Saya juga iya iya aja lagi, dan gak nyangka kalo porsi ramennya sebesar itu! Saya melihat Soichiro makan dengan lahapnya dihadapan saya, dan dia Cuma butuh waktu 5 menit buat menghabiskan itu! ANJIR! PUNYA SAYA AJA SETENGAHNYA BELOM ABIS DUA-DUANYA! Dan dia udah habis dua-duanya beserta kuah Ramenya, saya kaget bukan main, buset dah lu makan kek orang kesurupan! Dah kaya gak makan seminggu! Kenapa saya makannya lama? Pertama karena udah suggest duluan kalo ini gak bakalan abis (tapi harus saya habiskan karena ngerasa gak sopan kalo makan di Jepang tapi nggak sampai habis) dua saya kesulitan make sumpit jepang yang panjangnya dah kek menara Tokyo, ketiga gimana caranya makan nasi pake sumpit anjir! Saya gak pernah sama sekali makan nasi pake sumpit!!! Only in Japan saya melakukan hal tersebut! Dan akhirnya saya harus kembali menjatuhkan harga diri saya didepan Soichiro “ I Think i should used spoon, chopstick is too hard for me hahaha” dan kembali saya jadi bahan tertawaan dia, oke siap daripada ini ramen sama nasi gak abis-abis iyakan? 

Ramen without Pork

Rice with Tobiko & Nori!


Setelah habis semua kita langsung meminta bill & membayar, soichiro hanya menyuruh saya membayar ¥1000 yen saja, saya justru berfikir harganya bakalan lebih dari itu karena porsinya gede banget woy! Soichiro melakukan payment dan kami keluar dari restaurant dan kembali disambut, yaampun saya seneng banget ada di Jepang! 

Saya & Soichiro naik kereta dari Namba station ke Mozuhaciman station, station terdekat untuk sampai rumah Soichiro melalui Line Nankai – Koya line dan ditempuh dalam waktu 15 menit. Sepanjang perjalanan kita masih asyik ngobrol sampe nggak kerasa kalo udah sampai, mozuhachiman station nggak terlalu besar, persis kaya stasiun tebet! Keluar stasiun saya Cuma perlu jalan kaki 10 langkah dan sampai dirumahnya! Iya! Sedeket itu! Saya aja sampe kaget! Hahaha. Saya juga nggak menyangka kalo rumahnya Soichiro ternyata gede banget! Saya sih sebelumnya nggak berekspetasi banyak soalnya saya tau diri lah ya saya numpang, kebanyakan orang jepang itu tinggal di rumah susun/apartemen karena rumah&tanah di jepang itu mahal pake banget! Orang jepang kalo punya rumah sendiri nggak nyewa apartemen/tinggal dirumah susun itu sudah termasuk kategori “Orang Kaya” Soichiro membuka pagar rumahnya dan mempersilahkan saya masuk. Jiwa norak saya bergejolak ketika saya berada didepan pintu rumahnya dan tiba-tiba halaman depan yang tadinya gelap gulita jadi terang! Wow smart home sekali! Begitu penghuninya tiba, rumahnya akan mendeteksi pergerakan yang membuat lampu halaman depannya menyala otomatis. 


Soichiro's House

Near Mozuhachiman Station


Kita masuk dan mengucapkan “TADAIMAAA...”  (Aku Pulang) Dan lagi-lagi Soichiro kaget denger saya ngomong pake bahasa Jepang dan dibales sama dia “OKAERI”  (Selamat datang kembali) dan kita sama-sama tertawa hahahaha. Soichiro lalu mengajak saya room tour dan mengajak saya ke lantai 2 kamar dimana saya akan tidur, saya dikasih private room sendiri, dan kamarnya sebesar kamar kostan saya di Jakarta! Didalamnya terdapat lemari pakaian, kasur lengkap dengan bantal dan selimut juga AC, btw ketika masuk kamar saya salah fokus sama piano yang ada didalam kamar tersebut! Saya minta izin sama Soichiro buat nyentuh pianonya dan dia ngomong “REALLY? YOU CAN PLAYING PIANO?” dan saya menjawab “OF COURSE, IM PLAYING PIANO SINCE IM 12 YEARS OLD” dia kaget, karena dia bilang main piano itu susah banget dan piano tersebut biasa yang mainin adalah adik perempuannya. Saya duduk dan memainkan beberapa not dan melihat dia senyum dengan wajah kaget. Lalu kita kembali room tour, dirumahnya toilet untuk BAB dan Shower itu beda satu lantai! Shower roomnya ada di lantai bawah dan toilet untuk BAB persis disamping kamar saya & dia. Saya nggak habis fikir kok bisa toilet di pisah gini ya?! Apa saking gedenya rumahnya dia! Hahaha, di lantai bawah ada sofa dan TV LED, di sebelah kiri ada dapur dengan kitchen set lengkap juga meja makan, ada sebuah lorong lagi dan sebelah kirinya merupakan Shower room lengkap dengan shower & bathtub, dibagian luarnya ada wardrobe room dengan kaca besar,wastafel,dan hair dryer. Saya suka banget rumahnya soichiro, walaupun besar tapi terlihat minimalis & simple.
Saya dipersilahkan Soichiro buat bersih-bersih & merapikan barang-barang saya dulu dan dia bilang santai aja anggep aja rumah sendiri, lalu saya kembali ke kamar untuk mengambil baju & perlengkapan toiletries saya untuk saya mandi & Soichiro menunggu di sofa ruang tamu sambil main hp. Hampir semua kamar mandi di jepang itu modelnya sama! Ada sebuah shower lengkap dengan cermin super besar dan kursi pendek kalo di Indonesia mungkin namanya “Jengkok” kali ya, Japanese style itu kalo mandi senengnya sambil showeran & duduk di jengkok depan cermin! Saya mandi pake air hangat karena di showernya ada water temperaturenya! Gilak sih kamar mandi rumah kaya kamar mandi hotel woy! Bikin saya betah lama-lama dikamar mandi! Setelah mandi lalu saya mengambil handuk bersih di wadrobe room dan pake baju, kemudian mengeringkan rambut dengan hairdryer dan kembali ke kamar untuk memasukan baju kotor saya ke dalam tas, dan kembali ke lantai bawah untuk menemui soichiro, kemudian kita ke meja makan untuk memakan japanese cheesecake yang kita beli di Namba sebelumnya, soichiro memotong cheesecakenya dan karena ukurannya lumayan besar saya bilang kalo kita makan setengahnya dulu aja dan dibagi 2 karena sebelumnya saya udah KEBELENGER!  Makan ramen & Nasi dengan porsi kuli!
Soichiro menawarkan saya beberapa minuman dan saya Tentu saja  memilih yang aman yaitu teh! Soichiro mengambil sebotol besar teh dan menuangkannya ke gelas saya, saat saya minum ini baru pertama kalinya saya minum teh yang rasanya nggak familiar di lidah saya! Pas saya tanya oalah! Ternyata Corn Tea! Tapi masih ada kandungan lainnya di teh tersebut, Corn Tea ini udah familiar banget diantara orang Jepang & Korea, saya norak & akhirnya searching dulu di Google! Rasanya awal minum itu gak enak banget, mungkin karena belom adaptasi kali ya sama rasa baru, tapi ketika saya minum ke 3 & 4 kalinya Uhmm.... Not Bad at all rasanya gak manis tapi tetep enak. By the way rasa cheesecakenya enak banget! Yang tadinya saya ngobrol seru sama Soichiro setelah makan cheesecakenya saya sampe speechless dan terlalu fokus makan cheesecakenya sampe saya kacangin Soichiro yang lagi ngobrol sama saya! Hahahaha. “hey Bragi, you really like it huh? you really enjoyed it very much ahaha” saya sampe ngakak dan ngomong “Seriously, this is really delicious, crazy, thank you so much Soichiro!, I've been treated to this delicious dessert
Soichiro tersenyum dan tertawa “no problem, I'm glad to see you are happy I also really like it, if I go to Indonesia maybe I can't bring it because it won't last long yaiyalah masa mau bawa cheesecake ke Indonesia gak tahan lama hahaha. Selesai makan saya mencuci piring kotornya dan kita kembali ngobrol Juga tidak lupa saya bawain Oleh-Oleh dari Indonesia buat Soichiro yaitu INDOMIE 5 rasa dan makanan ringan seperti basreng,gulali rambut nenek, dan keripik! dia kaget banget waktu saya bawain makanan sebanyak itu hahaha dan dia bilang ''REALLY?! AHH INDOMIE! I KNOW THIS! IM REALLY LIKE IT! THANKYOU SO MUCH BRAGI! YOU'RE SO KIND!'' Saya seneng banget liat ekspresi kaget dan bahagianya dia waktu saya bawain Indomie karena waktu dia ke bali dia juga nyobain Indomie dan katanya enak banget! YAIYALAH! Siapa juga yang gak suka Indomie?! kita lanjut ngobrol dan lebih banyak ketawanya sih soalnya Soichiro walaupun orang jepang tapi dia orangnya receh parah! Pas dia tiduran di Sofa main hp dan saya liat instastory sahabat saya di indonesia yang bikin saya ngakak dan Soichiro nanya “What are you laughing at Bragi?!” saya langsung ngomong “My friends in indonesia is crazy text me and he told me nonsense who makes me laugh hahaha” Dia hanya ikut tertawa. Karena jam sudah menunjukan waktu 23.00 waktu setempat saya minta izin sama soichiro untuk tidur duluan karena besok pagi-pagi banget saya harus ngejar kereta ke Kyoto! Dan kita masuk kamar masing-masing. Btw dirumahnya keluarganya lagi pergi ke Okinawa semua kecuali dia karena dia besoknya ada ujian jadi dia nggak ikut ke Okinawa bersama keluarganya, dan dia juga bilang kalo ke Jepang lagi saya disuruh nginep dirumahnya lagi buat ketemu keluarganya! Karena dia bilang berkali-kali ke saya kalo saya satu-satunya orang asing dari sebelumnya turis yang pernah dia Host dirumahnya kalo saya yang paling friendly, paling sopan, dan paling baik! Dia juga bilang kalo saya selalu diterima baik dikeluarganya kalo saya balik lagi ke Jepang karena dia merasa berterima kasih & balas budi karena saya dulu pernah bantuin dia setahun yang lalu waktu dia kesusahan di Bali.
Corn Tea ala Jepang
Eating Japanese Cheesecake with Soichiro
Oleh-Oleh dari Indonesia for Soichiro

Disitu saya langsung merasa sangat tersentuh! Padahal nggak banyak yang saya bantu buat dia saya hanya berniat ingin menolong tanpa pamrih & dia mengingat banyak kebaikan yang saya berikan pada dia dulu. Saya terharu banget sumpah! Traveling mengajarkan saya banyak hal salah satunya adalah “EMPATI”  malam itu saya sangat senang sekali! Dan tetao pada prinsip saya kalau mau berbuat baik, ya berbuat baik aja! No matter wherever you are! No matter your nationality, your skin tone, your poor or rich! Karena kadang untuk menjadi baik itu tidak butuh alasan. 
 
Tahun 2018 itu ketika saya depresi & memutuskan untuk melarikan diri dari kehidupan dan pergi traveling saya bertemu dia yang sedang kesusahan padahal saat itu saya juga sedang tidak baik-baik saja, karena sifat alami kemanusiaan saya yang mendorong saya untuk membantu dia saat itu saya memutuskan untuk menolong Soichiro yang kesusahan. Untuk cerita lengkapnya kalian bisa langsung klik disini You're not Strangers,You're Family padahal pernah bertemu atau kenalpun tidak, saya Cuma mikir saat itu kalo saya ada di posisinya dia, ada di negara yang asing, kesusahan dan perlu bantuan, saya pasti ingin sekali dibantu seseorang. 

PAY IT FORWARD 

Mudah-mudahan kalo saya harus ada diposisi kesulitan di negara saya sendiri atau diluar negeri ketika saya berpergian, ada orang lain yang berbaik hati & tulus mau menolong saya. Soichiro merupakan salah satu bukti yang tuhan berikan ke saya dan menyadarkan saya bahwa, sekecil apapun perbuatan baik yang kita lakukan, kebaikan tersebut akan kita dapatkan juga suatu hari nanti disaat yang tidak terduga, keberadaan mereka itu seperti sebuah tali yang saling terhubung dan terikat dengan diri kita, kebaikan kecil yang saya berikan ke Soichiro dulu terus dia ingat sampai saat ini.
Pagi telah tiba, seperti biasa saya bangun duluan karena pasang alarm, saya mandi dan kembali mengemas barang-barang saya, ketika saya buka pintu kamar Soichiro saya masih melihat dia tertidur, karena saya gak mau menggangu akhirnya saya meninggalkan pesan text lewat line dan meninggalkan rumahnya. Ahh senangnya! Bisa punya pengalaman pergi ke Jepang bahkan sampai menginap dirumah orang Jepang merupakan moment langka yang gak setiap orang punya kalo mereka pergi ke Jepang! Saya sangat bersyukur pada kehidupan yang saya miliki, memiliki keluarga, teman dekat bahkan teman dari negara yang berbeda dan sudah menanggap saya bagian dari keluarganya itu merupakan suatu hal yang tidak ternilai harganya. 

Eitsss..... Ceritanya belum selesai sampai sini ya ehehe... Karena dua bulan kemudian kepulangan saya dari Jepang tiba-tiba Soichiro nge-Chat saya lagi dan bilang mau liburan KE INDONESIA!  Dia pengen banget ke LOMBOK!  Karena waktu kita lagi makan cheesecake dirumahnya kita saling bertukar cerita traveling masing-masing dan dia nanya ke saya tempat yang paling berkesan buat saya di Indonesia itu dimana dan saya bilang semua tempat di Indonesia itu sangat berkesan buat saya tapi yang bikin saya pengen terus-menerus pengen balik kesana ya pulau Lombok! Lalu dia bilang ayo bulan depan ke Lombok dan dia niat sampe beli Drone yang harganya super mahal demi dapet foto bagus di Indonesia! Gila! Karena saya merasa banyak terbantu waktu saya di Jepang sama dia, akhirnya saya memutuskan untuk pergi sama dia. 

 
Lanjut di Postingan “PERTEMANAN LINTAS NEGARA (IN INDONESIA)"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Untold Story Of Japan

Yang terbaik di Kuta Mandalika & Bukit Merese!

Desa Sade Suku Sasak Lombok tradisi suka nyulik perempuan!