You're not Strangers, You're Family

Met Minami and her friends wearing Yukata in Asakusa, Tokyo

     Menjadi orang baik itu tidak perlu harus dengan materi, dengan kita membantu orang lain berupa pertolongan atau berlaku sopan juga termasuk menjadi orang baik. Banyak hal yang sebetulnya kita lewatkan dihidup ini, contoh sederhananya adalah sosialisasi!
Sekarang banyak orang yang memilih mencari informasi seseorang alias nge-stalk melalui gadget dan media sosial. Padahal semua itu tidak 100% semuanya benar. Lalu apa susahnya kita bertemu seseorang dan mengobrol secara langsung? Sekarang sudah jelas, makin banyak orang yang anti sosial, lebih mempercayai apa yang mereka lihat dibanding mendengarnya secara langsung. 

     Sekarang juga lagi nge-trend banget ''blind date'' ya, kenalan melalui aplikasi chatting. Ya tidak salah sih justru bagus bisa nambah temen,kenalan atau bahkan calon gebetan yakan? Apalagi orang indo seneng banget kalo tipenya orang-orang Bule! Tapi, kembali lagi, bagaimana kita menyikapinya kearah yang positif atau negatif, kembali ke pribadi & privasi masing-masing. 

     Waktu saya ke Jepang, Jujur! Susahhhh banget mau minta tolong sama orang Jepang! Kenapa?! Selain kendala bahasa, saya juga takut! Soalnya orang jepang kalo dijalan kaya gak punya ekspresi ya gimana saya mau tau kalo orang ini bersedia saya mintain tolong atau tidak. Ya sebenernya kalo kita ngomong sih mungkin mereka mau membantu ya, seperti yang saya bilang sebelumnya, orang Jepang memang terkesan seperti orang yang anti sosial, tapi justru sikap empati mereka sangat tinggi, mereka langsung reflek ketika ada suatu masalah di sekitarnya dan gak bersikap bodo amat.
Orang Asing itu gak sepenuhnya negatif seperti yang dibilang orang-orang kok! Ini juga yang membantu membangun rasa percaya diri saya kembali, kenalan dengan orang asing! Bahasa Inggris saya nggak bagus-bagus amat, bahasa Jepangpun belajar otodidak. Apalagi saya solo backpacking alias jalan sendiri! Hal seperti ini juga bagus untuk melatih mental saya karena, di situasi yang seperti ini mendorong saya untuk mengharuskan berbicara dengan orang lain, karena saya tidak punya pilihan lain selain ngomong & minta bantuan karena saya sendiri!. 
 
     Waktu saya dijepang, saya kenalan dengan dua orang yang sangat baik hati! Dia adalah Soichiro Nishikawa di Osaka dan Yuna Minami di Tokyo. Keduanya memiliki kepribadian yang sama yaitu Lucu dan Ceria! Cuma Soichiro lebih tua dari saya 2 tahun dan Minami lebih muda dari saya 3 tahun!
Sebelumnya kita sama-sama ketemu lewat aplikasi ''COUCHSURFING''  Bisa kalian searching sendiri tentang aplikasi ini, dan..... ini bukan aplikasi nge-Date ya! Ini adalah aplikasi ketika kita ingin bertemu orang lokal di suatu Negara/daerah, bahkan kita bisa juga loh request untuk tinggal sementara di rumah mereka dengan tanggal yang sudah ditentukan dan sudah buat kesepakatan & janji bersama. Pokoknya gak selamanya kenalan sama Stranger itu menakutkan, buka mata kalian lebar-lebar, banyak orang baik di dunia ini yang menunggu untuk berkenalan denganmu! Karena setelah saya bertemu mereka berdua rasanya saya memiliki keluarga baru dari negara yang berbeda dan itu sangat menyenangkan! 

     Saya kenal Soichiro ketika saya lagi di Bali, saat itu saya lagi Mental Health Recovery atas saran dari pisikiatris saya, saat itu saya lagi depresi berat, kalian bisa baca postingan saya yang ini Traveling & Depression pergi ke Bali memang banyak membantu saya untuk mengobati kesehatan mental saya. Saat itu saya lagi ada di pantai Kuta kebetulan lagi duduk bengong dan leha-leha pinggir pantai karena hotel saya deket banget dari pantai kuta, tiba-tiba melintas depan saya turis Jepang yang dari tadi saya perhatiin dia mondar mandir mulu dari ujung ke ujung seakan nyari sesuatu sambil menatap layar handphonenya. Karena saya orangnya kepoan ya langsung saya samperin aja “umm... Excuse me, what are you looking for bro? May i help you?” dia langsung membuka sunglasses-nya dan bilang “ahh thankyou, i lost my way, i want going to this place and i dont know where i must to go” dia kebetulan mau ke toko oleh-oleh Krisna, dan karena emang saya kebali nggak punya tujuan pasti mau kemana akhirnya saya ikut nemenin dia dong “ahh i know this place, do you want to buy souvenir right?” “ahh yes yes! This is the store right?” dia nanya penuh semangat “cmon, i'll accompany you going Krisna.” Dia langsung sumringah “Really? Ohh thankyou! Youre so kind man!” biarpun orang jepang si Soichiro ini termasuk yang lumayan loh bahasa Inggrisnya! Padahal orang Jepang jarang banget bisa bahasa Inggris kan?. Lalu saya mesenin Gr*bCar untuk kita berdua, lalu sepanjang perjalanan kita ngobrol dan kenalan satu sama lain seru banget, dia nanya saya orang mana dan saya jawab sotoy pake bahasa jepang “Watashi wa, Indonesia-jin desu” liat ekspresi kagetnya dia bikin saya mau ketawa! Hahahaha dikira saya gak bisa bahasa jepang ya! Dia sampe heran kok saya bisa bahasa Jepang, saya cerita aja kalo beberapa bulan lagi saya mau ke jepang, dan jepang merupakan negara impian saya sedari kecil, dia langsung nanya kontak saya “Do you using Line or whatsaap or social media, anything else?” Saya kasih aja kontak Line saya dan kitapun bertukar kontak pribadi. 

    Waktu belanjapun saya kasih rekomendasi apa aja yang harus dia beli untuk souvenir,kemudian dia membeli apa yang saya rekomendasikan, dia lebih kaget liat keranjang saya yang isinya 8 box pie susu! Hahahaha. Lalu dia nanya saya nginep dimana, saya kasih tau hotel saya menginap dan bilang “not far from kuta beach, wanna going there?” dan dia ok!. Masih inget foto saya yang ini? Ya Soichiro yang fotoin! Hahaha kita pergi ke bar malem-malem buat hangout dan bilang kalo besok hari terakhirnya dia di bali, dia juga traktir saya makan malem, saya sebetulnya keberatan Cuma dia maksa dan bilang ini gak ada apa-apanya buat balas budi. Saya salut banget deh sama orang Jepang bisa mikir sampe situ, padahal hal yang saya lakukan memang karena ingin membantu dia. 

     Beberapa bulan berikutnya saya nulis public trip di account Couchsurfing saya dan saya dapet pesan couchsurfing yang dari namanya kok familiar ya, ternyata setelah saya baca pesannya dia menulis kalo saya nggak lupa isinya begini : “Hello my name is Soichiro Nishikawa from japan, i see your public trip in japan and look like we have to met before somewere right? Am I wrong person?, Feel free to text me back thanks!” lalu saya lihat foto profilnya kok mirip sama soichiro yang waktu kita ketemu di bali ya? Karena kepo saya langsung bales “maybe youre japanese tourist when we met in kuta right? Are you soichiro?” tanya saya yang bener” sotoy banget. Dan dia langsung ngetik panjangggg lebar ucapan terima kasihnya, diakhir kalimat dia ngomong “are you still using line?” dan akhirnya kita ngobrol lewat line! Saat dia tau saya mau ke Osaka dia langsung tanpa basa-basi bilang, “ayo nginep dirumah gw aja, nanti gw jemput lu di stasiun ya!” what??! Soichiro ini orangnya baik luar biasa! Waktu kita ketemu di Jepangpun dia langsung meluk saya sambil nepuk-nepuk pundak saya sambil bilang “welcome to japan Bragi! Glad to meet you again in here” yang saat itu nafas saya masih ngos-ngosan karena nyasar cari cafe tempat soichiro ini nungguin saya! Kita sempet makan ramen hallal atas rekomendasinya dia, dan jalan-jalan di dotonbori dan membantu saya membawakan tas saya dari penginapan sampe rumahnya dia. Yang bikin saya kaget soichiro ini rumahnya kepeleset nyampe dari Mozuhachiman Station kaya Cuma 10 langkah doang! Dan rumahnya gede banget! Saya dipersilahkan masuk ke rumahnya sempet room tour sebentar dan dia ngasih saya private room yang super gede banget! Pake ac pula! Toilet dan kamar mandi nya juga terpisah 1 lantai! Gila banget sih saking gedenya rumah dia, kita ngobrol & bercanda terus saya kasih dia oleh-oleh makanan indonesia dan INDOMIE 5 RASA! Dia kaget banget waktu saya bawa makanan sebanyak itu dan bilang terimakasih berkali-kali sama saya karena dia suka banget sama Indomie! Hahaha 
A kind Soichiro says about me in Couchsurfing

     Ohiya kita juga sempet beli dan makan japanese cheese cake bareng! Dan dia lagi-lagi traktir saya dong! Kita makan cheese cake diruang tamu sambil ngobrol heboh banget, cheese cakenya enak banget suwer! Saya nginep ditempat soichiro hanya 1 malam saja karena keesokan harinya saya harus melanjutkan perjalanan ke kota Kyoto. Dia langsung kirim pesan ke saya untuk jaga diri selama perjalanan saya di jepang, dan selalu nanyain saya kalo saya butuh apa-apa jangan sungkan buat minta tolong dia, dia juga bilang selama saya masih di jepang, dia bakalan terus bantu saya. Gila baik banget!. Berbeda lagi saat saya bertemu dengan Minami! Karena dia lebih muda dari saya ditambah dia cewek, dia nggak bisa nge-Host saya dirumahnya tapi kita janji untuk ketemuan kalo saya udah di Tokyo! Dia juga bilang bakalan ngajak temen-temennya! Waduh, saya makin nervous aja nih nantinya hahahaha. Waktu saya mau pergi ke Asakusa, minami langsung ngechat saya “udah dimana nih?, Aku udah di kuil Asakusa sama temen-temen, kalo kamu liat anak-anak pake yukata panggil aja namaku dan pastikan itu aku ya! Terima kasih bragi-san” Justru waktu saya mau ketemuan sama Minami ini lebih deg-degan dibanding saya ketemu sama Soichiro, dan akhirnya saya bertemu minami untuk pertama kalinya dan kenalan dengan dia dan teman-temannya yang lain. Aduh saya makin nervous dikelilingin cewek-cewek yang kawaii nih! Mereka selalu manggil saya dengan sebutan Buragi-San karena saya lebih tua dari mereka, mereka juga ngobrol sama saya pake bahasa campuran english dan japan, ketika mereka pake bahasa jepang saya ngerti sedikit dan mereka pake kosa kata Formal buat ngobrol ke saya, terus saya bilang, santai aja nggak usah terlalu formal saya bukan om-om, dan mereka semua tertawa hahaha senangnya bisa punya banyak teman! Dan teman-temannya minami ini juga ngasih julukan ke saya Nettomo ketika saya tanya ke minami dan searching ternyata itu adalah sebutan untuk teman internet/teman chatting.
Rikuro no Ojisan Shop a Famous Japanese Cheesecake in Osaka
      Jadi bisa saya pastikan bahwa, nggak selamanya orang asing itu jahat, nggak selamanya kenalan sama strangers itu harus khawatir, selagi kita selektif dalam mencari teman orang asing semuanya bakalan baik-baik saja! Bahkan sampai saat ini, saya masih aktif ngobrol sama Soichiro & minami lho! Dan soichiro berkali-kali selalu bilang bahwa saya akan selalu diterima dikeluarganya. Huhuhu terharu banget saya, punya sahabat orang asing yang sudah seperti keluarga sendiri. ❤️ 

Sampai disini dulu ya teman-teman! Nantikan postingan saya selanjutnya! Jangan lupa isi komen di kolom komentar dibawah ini ya! Dan jangan lupa share kesemua media social kalian. Karena berbagi itu indah!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Untold Story Of Japan

Yang terbaik di Kuta Mandalika & Bukit Merese!

Desa Sade Suku Sasak Lombok tradisi suka nyulik perempuan!