Travel Blogger duitnya darimana?

Mungkin masih banyak diantara kalian yang masih bertanya tanya, emang ada ya pekerjaan yang jalan – jalan tapi menghasilkan uang?. Nah kali ini saya bakalan bahas tentang Travel Blogger uangnya darimana?.
Siapa coba yang nggak pengen jalan – jalan tapi dapet uang? Ya jelas bisa! kalo kita lihat peluang untuk travel bloger/youtubers mereka dapet uang karena karya mereka. Berupa apa? Ya jelas! Video yang mereka buat/tulisan yang mereka share dan dilihat oleh jutaan orang di sosial media. Saking berpengaruhnya media sosial, sekarang orang gak perlu capek – capek kerja dikantor duduk selama 10 jam depan komputer balik pulang macet – macetan, tinggal buka laptop siapin kamera dll duduk manis sambil ngobrol – ngobrol santai duduk manis dirumah uang ngalir terus.
                Siapa yang gaji? Ya jelas perusahaan media sosial yang mereka pergunakan dari Blog,Youtube,Instagram,dll. Contohnya sekarang makin banyak selebgram selebgram yang berpenghasilan dari instagramnya endorse sana sini uang juga ngalir.
Bagaimana bisa, orang, jalan – jalan, nikmati pemandangan,makan enak, keseluruh dunia, dan dibayar? SERIUS?! *Lap iler*
Saya ambil contoh salah satu Pionir Travel Blogger Indonesia mbak Trinity dari ‘’The Naked Traveller’ saya emang udah ngefans sama mbak Trinity ini dari saya masih sekolah. Sekitar tahun 2013 saya beli bukunya The nekad traveler 1 gaya penulisannya saya bilang cukup baik dan sangat santai, sangat menginspirasi, sampai sekarang saya punya koleksi 7 bukunya, yang pada bulan februari kemarin filmnya tayang dibioskop dengan judul The Nekad Traveler. Sangat sangat bagusss buat saya yang mengambil syuting di 3 negara yaitu di Lampung Indonesia, Manila Filipina, dan Maldives! Yang ceritanya diadaptasi dari seluruh karya novelnya! Sampai sekarang mbak Trinity masih terus traveling loh! Follow account instagramnya @Trinitytraveler atau bisa dibaca blognya dia Trinity nekad traveler. Mbak Trinity ini udah keliling dunia yang kurang lebih 65 negara sudah dia kunjungi! WOW! Seperti tajuk bukunya yaitu ‘’Nekad Traveler’’ mbak Trinity ini nekat traveling dengan uang yang terbatas untuk keliling dunia! Dan dia dapat uang dari semua karyanya itu Keberaniannya patut diacungi jempol dan sangat menginspirasi saya, dan saya berfikir kalau dia bisa kenapa saya enggak? ya sama seperti para youtuber/selebgram, travel bloggerpun punya peluang yang sama lewat karya hasil tulisan mereka, bisa juga foto – foto yang mereka ambil bisa dijual kembali (Yang ngerti fotografi pasti ngerti).
                Industri Pariwisata Global tahun 2014 mencatat USD 7,58T (9,8% total Global GDP) Pemerintah dan Usaha Penerbangan transportasi,Penginapan/Akomodasi,Restaurant,Bio Travel,Tempat wisata, dan jajanan lokal semua membutuhkan tourist untuk meningkatkan pemasukan mereka, untuk ukuran industri sebesar ini, posisi seorang travel blogger sebenarnya lebih penting daripada yang kamu sangka!, mereka memegang arus informasi,mereka memiliki dokumentasi, mereka memberi Riview atau suggestion dan menjadi seorang Influencer untuk memengaruhi orang lain agar juga pergi ketempat tersebut,banyak orang yang membutuhkan mereka J
                Oke kita bicara bagaimana mereka mendapat uangnya J pertama ya pasti dari Blog/Websitenya karena di blog/website ada yang namanya GoogleAd, Adsense, atau Sponsor Ads. yangmana jika kamu mengunjungi suatu blog dan kamu melihat beberapa iklan disitu, jangan kalian anggap itu Cuma iklan yang nyampah, so iklan itu membayar blog itu! Contoh lain jika kamu buka youtube dan muncul iklan so mereka juga membayar yang punya channel! Jadi sekarang jangan remehkan iklan – iklan yang ada diwebsite ya guys!.  Bagaimana cara mengitungnya? Cek dibawah ini
Harga 1 Ads 100USD = Rp. 1.200.000 dengan 1000 Visitors/days. saya ambil masing - masing 2 iklan (2 x 200USD + 2 x 200USD) = 600USD/Bulan atau jika diakumulasikan = Rp.7.200.000/Bulan dengan 1000Visitors dan dengan 4 Banner Sponsor. Faktor yang bisa membengaruhi HARGA JUAL Banner iklan sponsor  yaitu : Penempatan banner, Niche dan konten blog, Tipe dan respontivitas visitor, Nama dan kredibilitas Blogger (Kalo saya sih belom bisa menghasilkan sampe sebanyak itu huhuhu doain aja ya biar Blog saya rame ehehe J)
                Selain Itu travel blogger juga bisa menghasilkan uang dari tulisannya dia yang biasa disebut seorang ‘’Travel Writer’’ yangmana dia menulis informasi suatu tempat wisata mulai dari general informasi dari tempat wisata tersebut, akses perjalanannya, akomodasi rekomendasi yang tepat, dan main attraction yang bisa dilakukan what to see and what to do. Informasi dari seorang travel writer ini yang dibutuhkan para Agent Perjalanan untuk membuat suatu paket tour untuk bisa dijual kembali ke konsumen, (So, sekarang jangan selalu jadi Mindset kalo jalan – jalan itu harus mahal.)
kalo kalian punya uang lebih dan gak mau ribet kalian bisa pakai jasa travel agent yang semua sudah diurus dan diatur, kalo budget kalian terbatas kenapa enggak coba buat jalan sendiri? Justru lebih asyik loh! Bikin itinerarry sendiri ketempat yang kita mau tanpa terpaku suatu hal apapun, tanpa additional budget dll! Jangan takut kalo nanti kenapa napa disana gimana? Ya kita punya tuhan yang nggak pernah tidur dan selalu melindungi kita, ditambah doa dari orang tua kita. Dijamin perjalanan kamu bakalan menyenangkan! Ayo ajak temen –temen kalian buat traveling bareng! Traveling itu nggak bikin rugi kalian kok! Uang kalian tidak akan bisa membeli pengalaman yang bakalan kalian dapatkan nanti. Uang bisa dicari, tapi pengalaman hidup itu nggak akan dateng berkali – kali.
                Sekian Penjelasan dari Blog saya ‘’Travel Blogger duitnya darimana?’’ semoga bisa menjadi pencerahan buat kalian dan menambah wawasan kalian, berbagi nggak akan buat kita miskin because sharing is caring J jangan lupa follow instagram saya @Braginner12 jangan lupa follow juga share dan komentari yaa, karena feedback dari kalian sangat saya hargai J

Salam Pejalan! Jangan Panik, Mari piknik!
#TravelingDreamingCoffee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sweet Peach House penginapan anti mainstream nan imut

Nekad ke Lombok Day-1

Q & A Traveling,Dreaming,Coffee